Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 05 November 2016

Tag:

Kota-Kota dengan Potensi Properti Terbaik di Pulau Jawa

Sejarah mencatat kalau perkembangan properti di Indonesia baru bisa berkembang dengan baik pada tahun 1970an. Meski demikian, perkembangannya hanya berada di pusat pemerintahan seperti Jakarta. Kota-kota lain di luar Jakarta baru berkembang perlahan-lahan pada tahun 1990an. Kala itu, properti susah merambah kota lain seperti Surabaya meski hanya pada sektor properti komersial saja. Tetapi kini secara umum, perumahan di Surabaya sudah berkembang sangat pesat.

Seiring dengan berjalannya waktu, kota-kota yang ada di Indonesia mulai berkembang dengan pesat. Perkembangan ini mendorong sektor properti semakin tumbuh dan tidak bisa dikontrol lagi. Akhirnya Pulau Jawa memiliki banyak kota yang cocok untuk investasi properti seperti Surabaya, Semarang, Bandung, dan masih banyak lagi. Berikut daftar lengkap kota-kota di Pulau Jawa yang potensi propertinya dikenal sangat unggul.

Penggolongan Kota dengan Potensi Properti Terbaik

Sebelum membahas satu per satu kota apa saja yang menjadi kota terbaik sesuai dengan golongannya, mari kita terlebih dahulu mengetahui golongan apa saja yang digelarkan pada kota-kota di Pulau Jawa:

Established City
Established city adalah kota dengan perkembangan sektor properti yang sudah berjalan dengan sangat baik. Perkembangan ini terjadi sejak tahun 1990an dan terus meroket hingga memasuki tahun 2010an. Kota ini menjadi tempat terbaik bagi siapapun yang ingin mencari properti untuk tujuan investasi sehingga keuntungan bisa didapatkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.
Karakteristik dari kota pada golongan ini adalah memiliki banyak sektor komersial di berbagai lokasi. Kawasan komersial itu bisa berupa gedung bertingkat yang difungsikan untuk kantor, kawasan apartemen yang membludak, mal yang tersebar di berbagai sudut, dan hotel yang jumlahnya banyak. Kota yang telah memiliki karakteristik seperti ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi investasi meski secara harga akan sangat mahal.

Kota-kota yang masuk ke dalam golongan ini adalah Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Kota di Pulau Jawa ini bisa dijadikan sasaran yang tepat jika Anda memiliki dana segar dan ingin melakukan investasi entah dalam bentuk apartemen, ruko, kos-kosan, atau  los di sebuah mal yang cukup besar.

Emerging City
Berbeda dengan established city yang sudah berkembang sejak dekade 90an, kota pada golongan ini baru berkembang dalam 5-10 tahun yang lalu. Kota ini perlahan-lahan berkembang seiring dengan banyaknya penduduk yang tinggal dan juga kebutuhan mereka akan properti yang tidak bisa dibendung lagi. Akhirnya sektor ini terus tumbuh hingga sekarang dan terus mengejar kota di golongan teratas.

Karakteristik dari kota pada golongan ini adalah pertumbuhan ekonomi dari masyarakatnya mulai berkembang. Golongan menengah ke atas mulai memenuhi kota sehingga kebutuhan akan hunian dan juga perkantoran terus meningkat. Selanjutnya, kota ini juga memiliki perkembangan pada sektor bisnis, industri, dan pariwisata. Untuk mendukung sektor ini, bisnis properti baik skala besar atau ritel mampu berkembang termasuk akomodasi seperti hotel.

Kota-kota di Pulau Jawa yang masuk ke dalam golongan ini adalah Semarang dan Yogyakarta. Dua kota ini terus bergerak di sektor pariwisata sehingga investasi properti di sana terus meningkat. Dalam beberapa tahun ke depan, kota ini akan bisa bersaing dengan kota besar lain seperti Surabaya, Bandung, dan Jakarta.

Promising City
Golongan terakhir dari kota yang bisa dijadikan sasaran untuk investasi properti adalah promising city. Dalam 5 tahun terakhir, kota ini telah bangkit meski skalanya masih di bawah emerging city. Meski demikian, pertumbuhan ini telah menunjang banyak sektor terutama perumahan yang banyak dicari oleh penduduk golongan menengah ke bawah, kawasan perdagangan ritel, dan masih banyak lagi.

Karakteristik dari kota pada golongan ini adalah munculnya pengembang properti lokal yang banyak memanfaatkan potensi di kota. Mereka mengembangkan banyak sektor properti seperti perumahan, hotel, pusat perbelanjaan. Kota ini memanfaatkan sumber daya yang ada menjadi lebih berguna bagi banyak orang terutama yang menginginkan produk properti ritel. Kota-kota yang masuk dalam golongan kota ini dan terletak di Jawa adalah Cirebon.
Kota-Kota dengan Potensi Properti Terbaik di Pulau Jawa
Salah satu property terbaik
Kota Terbaik di Jawa untuk Properti
1. Jakarta
Jakarta memiliki banyak jenis properti yang bisa dikejar dan dikembangkan. Untuk saat ini, properti dari jenis apartemen sedang marak diperjualbelikan di Jakarta. Selain apartemen, ruko atau tempat sejenis yang bisa digunakan untuk berjualan juga laku keras sehingga harganya terus melonjak tinggi.

2. Surabaya
Hampir sama dengan Jakarta, Surabaya juga mulai ramai pada sektor apartemen meski dominasi perumahan masih banyak bermunculan. Selain dua hal di atas, bisnis kos-kosan atau kontrakan di Surabaya sedang laku keras terutama di kawasan perkantoran dan juga kampus.

3. Bandung
Bandung banyak berkembang pada sektor usaha kreatif terutama distro. Selain distro, properti berupa vila juga menjadi hal paling banyak dicari oleh investor yang ingin menanamkan modalnya dan mendulang keuntungan.

4. Semarang
Listing rumah dijual di Semarang kini dapat mudah kita temukan di internet. Kawasan Semarang mulai dikenal sebagai kawasan wisata yang cukup menarik. Keadaan ini membuat banyak investor membangun cukup banyak properti dalam bentuk hotel atau pusat perbelanjaan.
Inilah kota terbaik di pulau Jawa yang digunakan untuk investasi properti. Jadi kota mana yang Anda pilih? Jakarta? Surabaya atau Semarang?

About iezul

Selamat datang di blog ini, Blog yang membahas tentang berbagai informasi dan review tentang kehidupan, semoga bisa bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads