Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 23 Juni 2018

Tag: , ,

4 Cara Untuk Membuat Air Cooler Lebih Efisien Di Cuaca Panas


Indonesia negara termasuk negara yang memiliki cuaca panas di sebagian besar daerah karena terletak di sekitar garis khatulistiwa. Dulu temperatur tertinggi sekitar 30-32 derajat celcius, sekarang bisa naik hingga 35 derajat celcius.
Banyak orang sekarang mulai memakai air cooler untuk mengalahkan cuaca panas karena lebih murah dan juga nyaman. Namun karena suhu udara meningkat setiap tahun, kita harus menggunakan air cooler dengan lebih efisien. Berikut ini kami berikan beberapa tips sederhana. Sebelumnya kalau Anda belum tahu apa itu air cooler silahkan dilihat artikelnya ya.

Ventilasi Udara

Salah satu cara paling efisien untuk menggunakan air cooler adalah menyediakan ventilasi udara yang baik dalam ruangan. Kesalahpahaman yang paling umum adalah air cooler bekerja seperti AC (air conditioner) yang bekerja lebih efisien dalam ruangan tertutup. Ini tidak benar. Air cooler bekerja dengan cara penguapan, yaitu mendorong udara panas melalui alas pendingin yang direndam air, sehingga sirkulasi udara yang lancar diperlukan untuk prosesnya.
Tempat terbaik untuk menaruh air cooler adalah di depan jendela. Semakin panas udara semakin cepat penguapan terjadi dan udara yang lebih dingin dikeluarkan oleh kipas. Ventilasi yang baik juga penting untuk mengusir kelembaban. Untuk itu, Anda memerlukan jendela-jendela yang terbuka. Hindari membukanya terlalu lebar atau hal ini akan meningkatkan suhu ruangan. Anda bisa melakukan percobaan dengan menyesuaikan jendela untuk memperbaiki tingkat pendinginan.

Tambahkan Es

Cara efektif lainnya untuk menaikkan efisiensi pendinginan adalah dengan menambahkan es batu ke dalam air tangki. Banyak orang sudah mencobanya dengan air cooler mereka. Bahkan beberapa merk tersedia dengan tempat es khusus. Menambahkan es ke dalam air membuat alas menjadi lebih dingin dan menghasilkan udara dingin yang lebih baik. Tentu saja hal ini akan lebih terasa jika Anda duduk dekat dengan cooler tersebut. Namun secara jangka panjang, menambahkan es tidak menurunkan temperatur atau kelembaban ruangan. Menambahkan terlalu banyak es juga mengurangi kecepatan penguapan dan mengganggu efisiensi air cooler. Menambahkan es akan lebih baik jika Anda sedang menghadapi temperatur yang sangat tinggi.

Rawat Air Cooler

Air cooler Anda perlu dirawat dengan baik untuk menjaga kinerjanya. Salah satu hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan cooling pad-nya karena mudah berdebu. Gunakan sikat untuk membersihkannya setiap minggu sekali. Kalau sudah terlalu banyak debu, Anda mungkin harus membeli yang baru.
Penting juga untuk membersihkan tangki penyimpanan air dan mengecek jika ada bocor. Pembersihan cepat juga bisa dilakukan untuk kipasnya, yang akan meningkatkan efisiensi. Jika Anda merasa kerepotan, Anda bisa memanggil orang untuk membersihkannya.

Rendam Alas (Cooling Pad)

Salah satu cara untuk mendapatkan pendinginan dalam sekejap atau instan adalah dengan menjalankan pompa sambil mengisi tangki dengan air. Pompa akan mendorong air masuk ke alas dan merendamnya. Anda bisa menyalakan mesin setelah tangki penuh karena proses ini membantu untuk mendinginkan udara langsung saat Anda menghidupkan air cooler.

Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi air cooler. Ini bisa sesederhana menutup korden untuk menghalangi masuknya panas atau mematikan beberapa lampu dan peralatan lain yang mengeluarkan banyak panas. Pastikan air cooler terpasang di tempat yang benar sehingga bisa menurunkan temperatur dengan efektif dan membuat udara lebih sejuk untuk semua orang dalam ruangan.

About iezul

Selamat datang di blog ini, Blog yang membahas tentang berbagai informasi dan review tentang kehidupan, semoga bisa bermanfaat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads